Saturday, February 26, 2011

Sistem Perparkiran

Posted by Kuncara Arief on Saturday, February 26, 2011 in | No comments
Berikut ini adalah share saya selanjutnya mengenai sistem perparkiran. Bagi Anda yang akan atau sedang mengembangkan sistem perparkiran sedikit share dari saya mudah-mudahan bisa membantu atau mungkin ada pencerahan dikala sedang MENTOK. heee....

Saya ada sedikit pengalaman dalam pengembangan sistem perparkiran. Saya pernah menangani 2 project perparkiran dibandung yaitu : disalah satu supermarket dibandung dan satunya lagi di Kebun Binatang Bandung. Kebutuhan didua tempat ini berbeda. Ok deh saya coba uraikan untuk yang di kebun binatang bandung karena seingat saya tingkat kebutuhan di tempat ini lebih komplek.

Sistem perparkiran sebenarnya tidak begitu komplek, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Penempatan pos-pos kendaraan masuk/keluar kendaraan,  Mengapa ini cukup penting, karena ini menyangkut sisi operasional perparkiran. Dari awal pos-pos keluar/masuk kendaraan harus diperkirakan sematang mungkin dari awal,  di pos-pos ini nantinya dipasang workstation yang berfungsi untuk merecord transaksi keluar/masuk kendaraan. Dari sini juga perencanaan cabling untuk jaringan harus sudah mulai difikirkan. Jangan sampai karena ketidakmatangan penempatan pos-pos ini menjadi tergangunya transaksi keluar/masuk kendaraan. tapi hal ini bisa diatasi jika anda menggunakan teknologi wireless, tapi tentunya dengan cost yang agak tinggi, karen harga-harga perangkat wireless masih cukup mahal, update terakhir Jan 2011, harga LAN Card Wifi sekitar 120ribu-an, bandingkan dengan LAN Card biasa yang harganya masih 40-60 ribu tergantung merk tentunya.
  2. Pemilahan lapak parkir berdasarkan jenis kendaraan ini sangat penting, "karena ga mungkin kan motor ama mobil lapaknya disatukan", hal ini akan memicu kesemrawutan di lapangan yang ujung-ujungnya  akan banyak lahan yang tidak efektif yang seharusnya bisa optimal dipergunakan.
  3. Kemudian lakukan lah riset kecil-kecil tentang perkiraan load per jenis kendaraan yang nantinya masuk. Hal ini nantinya bisa dipergunakan sebagai dasar untuk menentukan luas masing-masing lapak yang harus disiapkan tiap jenis kendaraan dan juga demi tercapainya optimalisasi lapak yang ada.
  4. Dan jangan lupakan hal-hal teknis lainnya seperti rambu-rambu arah dan penyediaan SDM untuk tiap POS Parkir.
Hal-hal di atas jika sudah tersedia dengan baik, saya akan coba melangkah ke arah sistemnya.
Setiap pembangunan sebuah sistem, tahap Analisis sangat lah penting, tapi karena "tipical" developer di indonesia yang "One Man Show" mengharuskan saya hanya menganalisis secara sepintas, saya langsung shortcut kepembuatan struktur database, supaya mempercepat pembahasan saya coba langsung ke struktur database yang saya susun, berikut adalah strukturnya :
terdiri dari 8 tabel (struktur Table ini bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan) :
  1. DefCompany (NamaPrs, Alamat, DefkodeKota, DateCreate, ExpireDate) : Berisi informasi nama perusahaan yang mengelola parkir, informasi ini akan muncul dalam print-an karcis parkir.
  2. JenisKend (KendID, KendDesc, FlagActive) :  Berisi kategori kendaraan, bisa diisi dengan Mobil, Truk, Bus, Motor
  3. JPerhitungan(JHtgID, DescHitung ) : Table berisi "Berdasarkan Durasi" & "Flat"
  4. Harga (HargaID, KendID, JHtgID, ParmWaktu, ParmMax, HrgJam1, HrgJamNext, HrgJamMax, FlagMax) : Berisi master harga, ada link dengan table JenisKend berarti dibagi berdasarkan jenis kendaraan, Field ParmWaktu bertipe data integer diisi dengan jumlah menit yang nantinya sebagai penanda harga tiap menitnya (diisi 60 menit = 1 jam, jika diisi 70, aplikasi akan menghitung 1 jam berikutnya setelah 10 menit). Field ParmMax diisi dengan satuan menit juga, maksudnya aplikasi akan menghitung jumlah tagihan setelah durasi menit tercapai (ParmMax/60) x durasi tapi dengan syarat FlagMax = 1 dan JHtgID = "By Durasi",
  5. POS (PostID, PostCode, PostName, Kapasitas, FlagFull, FlagActive) : Berisi Pos Parkir beserta kapasitasnya, informasi kapasitas bisa dipergunakan nantinya oleh aplikasi sebagai penanda kepada operator jika lapak parkir sudah hampir penuh.
  6. User (UserID, UserName, UserPassword, UserLevel, FlagActive) : Sebagai table pengaman untuk masuk aplikasi yang dibagi berdasarkan levelnya (Admin & Operator)
  7. POSKend (PosKendID, PostID, KendID)
  8. TransHeader(HTransID, PosKendID, TglBuka, TglTutup, SaldoAwal, JmlSetor, SaldoAkhir, JmlKend, FlagClosed, UserID)
  9. TransDetail (MskID, HTransID, NoPolisi, TglMasuk, JamMasuk, TglKeluar, JamKeluar, Durasi, TtlBayar, FlagByr, FlagClose)
  10. KarcisSetup (KarcilID, JFont, PosKendID, Judul, Lokasi, Ket1, Ket2, Ket3)
next ..

0 komentar: